Prepare for Independent Life

Rabu, 18 Mei 2022

Asrama Anak Autis: Efektivitas Penanganan 24 Jam

ASRAMA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
RUMAH  GUNUNG JATI 21

Keseruan anak-anak asrama saat berwisata di Pulau Pagang, Sumatra Barat



Keinginan orangtua anak berkebutuhan khusus yang menginginkan anak tercintanya bisa tumbuh dan berkembang secara maksimal sering mengalami kendala ketika program terapi/ sekolah tidak bisa berjalan secara seiring dan berkesinambungan dengan aktivitas yang dilakukan di rumah. Seringkali proses pembelajaran dan kemandirian sering bertentangan dengan program yang seharusnya diberikan, sehingga proses pemeliharaan dan pengembangan kemampuan anak tidak bisa berjalan secara maksimal. Hal tersebut sering terjadi karena kesibukan orangtua, minimnya pengetahuan, atau menyerahkan sepenuhnya kepada pengasuh di rumah. Lebih memprihatinkan lagi kondisi anak berkebutuhan khusus yang berasal dari daerah yang minim tempat terapi/ sekolah anak berkebutuhan khusus.

 

Permasalahan anak berkebutuhan khusus yang secara internal mengalami hambatan perkembangan dan permasalahan pola asuh yang seringkali menghambat kemandirian anak mengakibatkan jurang pemisah semakin jauh antara umur fisik anak dan kemampuan yang seharusnya dimiliki anak. Fenomena ini masih banyak ditemui, anak-anak dengan umur yang cukup, belum mempunyai kemampuan bantu diri yang baik. Apabila hal ini terus dibiarkan, akibatnya akan banyak anak berkebutuhan khusus yang tidak siap untuk menghadapi kehidupan secara mandiri. Latar belakang tersebutlah yang mendasari kami untuk mendediksikan rumah gunung jati sebagai rumah pengembangan kemampuan bantu diri dengan program, pendampingan, dan pengawasan 24 jam.

 

Penanganan yang diberikan oleh Rumah Gunung Jati adalah penanganan yang terintegrasi pada semua level penanganan anak, baik pada level penanganan intervensi diri (terapi), intervensi menengah (group terapi), dan intervensi lanjut (sekolah umum, sekolah inklusi, sekolah khusus, maupun lembaga magang kerja). Saat ini kerjasama terjalin apik dengan beberapa tempat terapi terbaik di kota Pekanbaru, sekolah-sekolah umum (mulai TK dan SD), sekolah khusus terbaik di Pekanbaru, dan beberapa lembaga magang kerja (toko harian, depot air minum, papan bunga, toko roti, dan lembaga magang kerja lainnya).

 

Tujuan utama dari penanganan Rumah Gunung Jati adalah mempersiapkan anak hidup mandiri dengan optimalisasi kemampuan yang dimiliki. Untuk mencapai tujuan tersebut, program dibuat secara individual, terpadu, dan terukur. Program dibuat 24 jam, dari anak bangun tidur, melakukan aktivitas (mandi, makan, berpakaian, toilleting, berdandan, bermain, beribadah, terapi/ sekolah, sosialisasi (pergaulan), kerja, pengembangan bakat dan aktivitas keseharian lainnya). Program disusun oleh governess bekerjasama dengan guru, terapis, orangtua, dan konsultan (psikolog dan dokter).

 

Kurikulum yang dipakai di Rumah Gunung Jati adalah ramuan dari berbagai kurikulum terbaik seperti: ABA, Bridges, FloorTime, (Pre) Feeding Skills, (Pre) Writing Skills, (Pre) Dressing Skills, Play Therapy, Special Education, dan kurikulum lainnya.

 

Fasilitas yang ada di Rumah Gunung Jati adalah:

1.      Kasih sayang tanpa henti

2.      Rumah tinggal yang dilengkapi dengan AC, ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang bermain)

3.      Jaringan penanganan pada semua level penanganan

4.      Penanganan secara holistik (guru, terapis, psikolog, dokter, psikiater, governess, dan orangtua)

5.      Peralatan musik dan pengembangan bakat (lukis, menyanyi, berkebun, dll)

6.      Halaman bermain yang luas.

 

Kami mengharapkan anak-anak bisa mandiri dan siap menghadapi kehidupan di masa dewasa, berkumpul dengan keluarga, dan mampu menghidupi dirinya sendiri.

 

Info lebih lanjut hubungi: 

 

+628117678004

 

+6282173680004

 

Cari Blog Ini

Mengenai Saya

Foto saya
Pekanbaru, Riau, Indonesia
Sekolah khusus Pekanbaru Lab School berdiri pada tanggal 7 Mei 2010. Visi Pekanbaru Lab School ini adalah sebagai wadah pendidikan khusus dan layanan khusus sehingga semua mendapatkan hak layanan pendidikan dan kesempatan tumbuh dan berkembang secara maksimal. Pekanbaru Lab School mempunyai beberapa divisi, yaitu: 1) Sekolah Khusus, 2) Sekolah Kesetaraan, 3) Life Skill & Keaksaraan, 4) Taman Bacaan Masyarakat, 5) Governess & Shadow Teacher dan 6) Divisi Asrama. Penanganan pendidikan khusus dan layanan khusus yang diberikan di Pekanbaru Lab School bersifat holistik dan terintegrasi sehingga kemampuan anak bisa dikembangkan secara optimal.Pekanbaru Lab School adalah sekolah nasional yang sudah terakreditasi B. Mari kita dukung anak-anak mendapatkan layanan pendidikan terbaik sehingga mampu menggapai prestasi tertinggi dengan kemandirian hidup dan berkembangnya bakat dan minat secara maksimal.

Translate