Prepare for Independent Life

Kamis, 14 April 2022

Perekaman dan Pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA) Siswa Pekanbaru Lab School

 

Pekanbaru Lab School Turut Serta Menyukseskan Pencanangan Gerakan Bersama Untuk Penyandang Disabilitas Melalui Pendataan, Perekaman, dan Penerbitan Dokumen Kependudukan Guna Membangun Masyarakat Inklusif di Provinsi Riau dan Se Wilayah 1 Sumatra. 

Siswa Pekanbaru lab School bersama kepala sekolah, pejabat dari DPMD Dukcapil Provinsi Riau dan Disdukcapil dari 12 kabupaten/kota, dan ketua LPAI Provinsi Riau.


Di gedung Tengku Maharatu Rintis Pekanbaru (14/04/2022) siswa-siswi dan guru Pekanbaru Lab School hadir dalam rangka merekam dan menerima dokumen kependudukan berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Identitas Anak (KIA). 

Acara ini terselenggara berkat kerjasama Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Staf Ahli kepresidenan, dan Disdukcapil di Wilayah 1 Sumatra. Di Provinsi Riau, acara dipusatkan di Pekanbaru, bersinergi antara DPMD Dukcapil Provinsi Riau, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Provinsi Riau, Disdukcapil dari 12 kabupaten/ kota dan anak-anak disabilitas dari berbagai sekolah, salah satunya Pekanbaru Lab School. Acara ini diselenggarakan dalam rangka mewujudkan Amanat Undang-Undang No 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan menyatakan bahwa setiap penduduk mempunyai hak untuk memperoleh dokumen kependudukan, terkhusus bagi penyandang disabilitas.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH., MH. menyatakan bahwa pendataan, perekaman, dan pencetakan dokumen kependudukan untuk warga disabilitas ditargetkan 100% harus tercapai.

Ketua umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Profesor Dr. Seto Mulyadi, S. Psi., M. Si., psikolog yang akrab disapa Kak Seto menyatakan bahwa LPAI mendukung gerakan ini dalam rangka memenuhi hak asasi setiap orang di bidang Administrasi Kependudukan tanpa diskriminasi pelayanan publik yang profesional. “Gerakan bersama bagi penyandang disabilitas ini merupakan sinergisitas bersama untuk mewadahi penyandang disabilitas untuk mendapat layanan pendataan kependudukan. Ini merupakan pekerjaan besar bagi semua instansi dan masyarakat, gerakan afirmatif yang bertujuan khusus untuk memberikan dokumen kependudukan bagi yang kesulitan akses. Kita harus memastikan para penyandang disabilitas mendapatkan seluruh dokumen kependudukan” Kak Seto menambahkan.

Selain dihadiri oleh pejabat Disdukcapil se Provinsi Riau, acara ini juga dihadiri anak-anak disabilitas yang melakukan perekaman KTP dan KIA. Secara simbolis, serentak di 10 Provinsi, diserahkan KTP dan KIA kepada anak disabilitas. Di Riau KTP dan KIA diserahkan kepada 20 anak disabilitas. Anak-anak terlihat senang dan antusias mendapatkan dokumen kependudukan, yang diserahkan langsung oleh kepala-kepala dinas yang hadir. Kegembiraan semakin lengkap tatkala dibagikan juga goodybag kepada anak-anak.

Ihsanul Khulqi bersama Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau, Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, dan Kepala Disdukcapil Kota Dumai.


Nickcool menerima Kartu Identitas Anak yang diserahkan oleh Kepala Disdukcapil Kota Dumai.


Kepala Sekolah Pekanbaru Lab School bersama Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Provinsi Riau, dan rekan-rekan kepala sekolah luar biasa. 



Kepala Sekolah Pekanbaru Lab School bersama siswa penerima dokumen kependudukan, orangtua/ wali murid, serta LPAI Provinsi Riau.






















Cari Blog Ini

Mengenai Saya

Foto saya
Pekanbaru, Riau, Indonesia
Sekolah khusus Pekanbaru Lab School berdiri pada tanggal 7 Mei 2010. Visi Pekanbaru Lab School ini adalah sebagai wadah pendidikan khusus dan layanan khusus sehingga semua mendapatkan hak layanan pendidikan dan kesempatan tumbuh dan berkembang secara maksimal. Pekanbaru Lab School mempunyai beberapa divisi, yaitu: 1) Sekolah Khusus, 2) Sekolah Kesetaraan, 3) Life Skill & Keaksaraan, 4) Taman Bacaan Masyarakat, 5) Governess & Shadow Teacher dan 6) Divisi Asrama. Penanganan pendidikan khusus dan layanan khusus yang diberikan di Pekanbaru Lab School bersifat holistik dan terintegrasi sehingga kemampuan anak bisa dikembangkan secara optimal.Pekanbaru Lab School adalah sekolah nasional yang sudah terakreditasi B. Mari kita dukung anak-anak mendapatkan layanan pendidikan terbaik sehingga mampu menggapai prestasi tertinggi dengan kemandirian hidup dan berkembangnya bakat dan minat secara maksimal.

Translate